Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan pemahaman literasi hukum

Achmad Irwan Hamzani, Tiyas Vika Widyastuti, Sanusi Sanusi, Imam Asmarudin, Muhammad Wildan, Erwin Aditya Pratama

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan pemahaman literasi hukum di Desa Batumirah Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman dibidang hukum administrasi kependudukan serta hak perempuan dan anak korban kekerasan dalam rumah tangga. Informasi hukum yang disampaikan diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dan lembaga terkait dalam percepatan kepemilikan bukti administrasi kependudukan berupa KTP dan lain sebagainya serta mencegah tindakan kekerasan dalam rumah tangga baik secara fisik, psikis maupun ekonomi.Sasaran dalam kegiatan ini adalah warga masyarakat di Dusun 3 Desa Batumirah Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal berjumlah 35 orang. Sosialisasi dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan pemahaman literasi hukum ini dilakukan dengan metode ceramah, contoh kasus yang disertai dengan tanya jawan. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan bagaimana konsep administrasi kependudukan dan hak-hak perempuan dan anak korban kekerasan disertai contoh kasus-kasus dan cara penyelesaiannya. Sementara metode tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala masalah yang sedang dihadapi berdasarkan pengalamannya di kehidupan berkeluarga para peserta. Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam sosialisasi ini, antusiasme peserta, dukungan kepala desa terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari fakultas merupakan dukungan terlaksananya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah belum adanya pengetahuan awal peserta, keterbatasan waktu dan kesibukan peserta di ladang garap. Manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini antara lain mengetahui (1) prosedur dan arti penting pengurusan serta kepemilikan bukti administrasi kependudukan dalam kehidupan bermasyarakat dan ekonomi; (2) sikap waspada dan tindakan apa yang dilakukan bagi perempuan dan anak jika mengalami kekerasan dalam rumah tangga.


Keywords


literasi hukum; kapasitas SDM; administrasi kependudukan; hak-hak perempuan dan anak; korban kekerasan

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan media sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 34–44. https://doi.org/10.25077/rk.3.1.34-44.2019

Atmazaki, A., Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, M., Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan gerakan literasi nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Badan Pusat Statistik. (2018). Kecamatan Bumijawa dalam angka tahun 2018. Badan Pusat Statistik.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan. (2017). Panduan penyelenggaraan program kampung literasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kartodirjo, S. (1979). Masyarakat pedesaan dalam pembangunan: Mengembangkan teknologi berwajah manusiawi. Prisma, 8, 6.

Kimiaissa’adah, N. (2019). Implementasi gerakan literasi membaca dalam menumbuhkembangkan minat baca anak usia dini di TK IT Mutiara Hati Semarang. UNNES.

Patimah, P. (2015). Efektifitas metode pembelajaran dongeng dalam meningkatkan kemampuan literasi anak pada jenjang usia sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.123

Perkasa, M. (2019). Bahan ajar berorientasi environmental sustainability education berintegrasi kearifan lokal untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 246–256. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i10

Poerwanto, H. (2000). Kebudayaan dan lingkungan: dalam perspektif antropologi. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Masyarakat Berdaya dan Inovasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
Masyarakat Berdaya dan Inovasi by https://mayadani.org/index.php/MAYADANI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Mayadani My Stats