Pemberdayaan masyarakat ekonomi Desa Mejasem Timur melalui penguatan literasi keuangan dan digital marketing

Inayah Adi Sari, Maulida Dwi Kartikasari, Agnes Dwita Susilawati, Niken Wahyu Cahyaningtyas

Abstract


Tujuan program kemitraan masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra, yaitu permasalahan manajemen pengelolaan usaha dan pemasaran produk UKM Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah masyarakat yang sudah produktif secara ekonomi. Mitra dalam kegiatan ini adalah pelaku usaha Desa Mejasem Timur yang tersebar dalam enam RW. Setiap RW rata-rata memiliki tiga pelaku usaha dengan ragam dan jenis usaha yang berbeda-beda. Permasalahan yang dihadapi mitra terkait pengelolaan keuangan usaha adalah belum terselenggaranya pencatatan maupun pembukuan dari kegiatan usaha. Mitra belum mengenal cara memasarkan produk secara online (e commerce) dan mitra belum mendaftarkan ijin legalitas produk.  Solusi yang ditawarkan pengusul kepada mitra terkait dengan. aspek manajemen adalah mitra diberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan bisnis, diataranya penyusunan modal kerja sampai penyusunan pembukuan, sehingga antara pendapatan dan biaya yang dikeluarkan jelas. Solusi terkait aspek pemasaran adalah mitra didampingi dalam mengurus ijin legalitas produk di Dinas Kesehatan setempat dan mitra juga mendapatkan pendampingan bagaimana memasarkan prosuk secara online (e-commerce). Metode pelaksanaan terkait dengan permasalahan aspek manajemen adalah mitra akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan praktik oleh pakar. Pada aspek manajemen keuangan, metode pelaksanaan yang diberikan dengan memberikan pelatihan penyusunan pembukuan dalam mengelola keuangan bisnis. Dalam tahap ini mitra akan mendapatkan pelatihan serta pendampingan oleh pakar dalam menyusun modal kerja, sampai melakukan pembukuan terkait dengan pendapatan dan biaya. Pada tahap ini mitra akan dilatih dan didampingi pakar pengelolaan keuangan bisnis dan pemasaran pada kegiatan pengemasan dan pemasaran produk melalui e-commerce yang diawali dengan pembuatan blog/web sebagai sarana memasarkan produk. dapat menjadi upaya penguatan kegiatan perekonomian usaha mikro Desa Mejasem Timur.


Keywords


UKM; legalitas produk; pemasaran e-commerce; pengelolaan keuangan bisnis; penguatan kegiatan perekonomian

Full Text:

Fulltext PDF

References


Astarani, J. (2014). Penggunaan technology acceptance model dalam mengetahui tingkat penggunaan informasi akuntansi pada UKM di Kota Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JAAKFE), 3(1).

Budiman, N. A., & Zuliyati, Z. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi (studi pada UMKM kain tenun ikat Troso Jepara. Buletin Ekonomi, 13(1), 77-86.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran. Prehalindo, Jakarta.

Mubarok, F. (2011). Pengelolaan keuangan untuk usaha kecil dan menengah. Cetakan Kesatu, Tangerang: Suluh Media.

Mulyadi. (2001). Akuntansi manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Soemarso.S.R. (2013). Akuntansi suatu pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Whetyningtyas, A. (2016). Determinan penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil menengah (UKM). Media Ekonomi dan Manajemen, 31(2).




DOI: https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Masyarakat Berdaya dan Inovasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
Masyarakat Berdaya dan Inovasi by https://mayadani.org/index.php/MAYADANI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Mayadani My Stats