Pemanfaatan budidaya secara hidroponik di kawasan pekarangan sempit areal perkotaan

Mahdalena Mahdalena, Anis Munandar

Abstract


Sayuran dan buah-buahan merupakan kebutuhan pangan dasar yang dikonsumsi oleh manusia. Peningkatan jumlah penduduk juga harusnya diiringi oleh jumlah konsumsi pangan tersebut. Namum berbeda halnya dalam keadaan masyarakat sekarang, laju perkembangan masyarakat tidak diiringi oleh perluasan lahan budidaya pertanian khususnya untuk daerah perkotaan. Seringnya perubahan alih fungsi lahan yang merupakan daerah sentra pertanian yang dialih fungsikan menjadi pemukiman warga, memberikan dampak negatif bagi masyarakat perkotaan tidak hanya kekurangan suplay bahan pangan namun juga ketersediaan lingkungan hijau mulai menurun. Kurangnya area hijau dikawasan pemukiman masyarakat perkotaan dikarenakan keterbatasan lahan perkarangan karena padatnya jumlah penduduk, merupakan salah satu permasahalan yang saring muncul sehingga hal ini harus dapat diselesaikan. Salah satu cara penangan masalah kurangnya area hijau diwilayah perkotaan karena sempitnya lahan perkarangan dapat disiasati dengan penanaman tanaman baik berupa sayur maupun buah-buahan dengan cara hidroponik. Sehingga masyarakat mampu memenuhi kebutuhan sayur maupun buah-buahan untuk rumah tangganya sendiri.


Keywords


Tanaman Hidroponik; Pekarangan Rumah; Perkotaan

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arief, C., Purwanto, Y. A., Suhardiyanto, H., & Chadirin, Y. (2010). Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan (JST) untuk Pendugaan Suhu Larutan Nutrisi yang Disirkulasikan dan Didinginkan Siang-Malam pada Tanaman Tomat Hidroponik. Jurnal Keteknikan Pertanian, 24(2). Retrived from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jtep/article/view/7344

Harian Medan Bisnis. (2012). Hidroponik dengan sistem pertanian ramah lingkungan. Jakarta

Indriyati, D. J. (2002). Kajian Karakteristik Termal Aliran Larutan Nutrisi Sepanjang Pipa Lateral pada Sistem Hidroponik Substrat. Teknik Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Istiqomah, S. (2006). Menanam hidroponik. Azka Press. Jakarta

Krismawati, A. (2012). Teknologi hidroponik dalam pemanfaatan lahan pekarangan. BPTO. Malang




DOI: https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Masyarakat Berdaya dan Inovasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License
Masyarakat Berdaya dan Inovasi by https://mayadani.org/index.php/MAYADANI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Mayadani My Stats